ASURANSI SYARIAH PRUDENTIAL MENUJU KEHIDUPAN MADANI

Diposting oleh RAAS PRASETYA on Selasa, 01 Januari 2013

ASURANSI SYARIAH PRUDENTIAL MENUJU KEHIDUPAN MADANI



ASURANSI SYARIAH PRUDENTIAL MENUJU KEHIDUPAN MADANI


Banyak orang yang beranggapan bahwa asuransi itu haram hukumnya, khusunya bagi pemeluk agama islam. Mereka beranggapan bahwa asuransi sama saja menyalahi takdir yang ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Mreka mengakui jika kecelakaan, sakit, kematian sudah direncanakan oleh Tuhan, jadi manusi tidak perlu berusaha untuk mengubahnya. Namun, bukankah sebaiknya kita juga harus berusaha menekan resiko hingga sekecil mungkin. Untuk itu, membeli asuransi tidaklah haram, toh kita hanya berusaha namun yang menentukan tetap Tuhan. Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, perusahaan asuransi Prudential akhirnya meluncurkan program asuransi berbasis syariah. Asuransi ini, khususnya asuransi di Indonesia, mengaplikasikan pelayanan asuransi berdasarkan hukum yang dipercaya oleh umat islam. Sebelumnya kita juga harus mengetahui kenapa sampai diluncurkan asuransi syariah, apa bedanya dengan asuransi konvensional. Ternyata ada tiga hal yang masih belum bisa diterima oleh para ulama di dalam asuransi konvensional, ketiga hal tersebut adalah anggapan bhwa dana yang mengalir tidak jelas, adanya unsur judi di dalamnya, dan juga terselipnya riba di setiap rupiah yang kita bayarkan di dalam premi asuransi.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai asuransi syaiah prudential, kita juga harus memahami apa saja perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional. Perbedaan pertama yaitu cara mengelola resiko asuransi yang diambil dari para anggota. Jika di dalam asuransi konvensional sistem pengelolaanya berbasis risk transfer dari anggota ke perusahaan, namun di asuransi syariah sistem pengelolaannya adalah berbasis pada asa tolong menolong yaitu dengan membagi resiko asuransi kepada seluruh anggota. Selain itu, perbedaan kedua yaitu cara pengelolaan unsur tabungan dari para angota asuransi. Pada asuransi konvensional, tabungan yang dibayarkan kepada perusahaan memiliki kemungkinan untuk bertambah jumlahnya atau lebih dikenal dengan bunga atau riba. Namun, di asuransi syariah berbasis pada investasi syariah yang tentunya bebas dari yang namanya riba.

Asuransi syriah prudential meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan dan investasi. Ada beberapa hal yang membedakan antar asuransi syariah prudential dengan asuransi konvensional. Pada umunya, jika seseorang ingin membeli asuransi dari sebuah perusahaan, maka kontrak dimulai dan akan dianggap sah jika sudah terjadi kontrak jual beli. Karena kematian, kecelakaan, dan sakit adalah hal yang sifatnya mendadak maka dana yang ada pun sifatnya juga kurang jelas. Namun di asuransi syariah, dengan menggunakan asa tolong menolong kita bisa lebih mudah mengklaim asuransi jika terjadi hal yang tidak di inginkan. Sistem yang di lakukan yaitu dengan memberikan dana kebajikan kepada anggota yang melakukan klaim asuransi. Uang yang diberikan di ambil dari uang anggota yang lain karena memang asuransi ini berdasar pada asas tolong menolong. Selanjutnya berkaitan dengan hal yang disebut riba. Di dalam asuransi konvensional dikenal istilah yang namanya bagi hasil. Artinya dari aliran keuangan yang terjadi dalam asuransi jika terdapat hasil maka 40% dari hasil tersebut adalah untuk perusahaan, dan sisanya untuk anggota. Nah, sebaliknya didalam asuransi syariah tidak dikenal yang namanya riba. Jadi uang yang diberikan kepada anggota yang melakukan klaim adalah murni dari sumbangan para anggota asuransi syariah tersebut. Untuk itu Pruential sebagai perusahaanasuransi terbaik berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan meluncurkan program yang berbasis syariah. Dengan adanya program asuransi syariah, diharapkan kehidupan menjadi lebih baik dan tertata. Semoga kehidupan kita menjadi lebih madani dengan asuransi syariah.

ASURANSI SYARIAH PRUDENTIAL MENUJU KEHIDUPAN MADANI


INFO LEBIH LENGKAP, HUBUNGI:
RAAS PRASETYA
TELP.
087808143499 - 081318145769 – 085711818698
asuransikesehatanjiwa@gmail.com 
AsuransiKesehatanJiwa.blogspot.com

Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel ASURANSI SYARIAH PRUDENTIAL MENUJU KEHIDUPAN MADANI ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://asuransikesehatanjiwa.blogspot.com/2013/01/Asuransi-Syariah-Prudential-Menuju-Kehidupan-Madani.html

Bookmark and Share

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar